Selasa, 17 Mei 2022

TIPS Digital Marketing Sosial media untuk seorang Public Relations dalam berbisnis

 

Public Relation adalah praktik pengelola informasi yang menjembatani antara individu dengan kelompok , perusahaan dengan organisasi , organisasi dengan kelompok, dll .

Dalam menjalankan fungsinya seorang Pubic Relation hendaklah mengangkat nama baik suatu organisasi, perusahaan, suatu bisnis, bahkan suatu program seperti program kenegaraan, program organisasi, dll.

 Dapat disimpulkan bahwa PR ini sangat penting posisinya dalam kegiatan apapun, PR bukan yang utama tapi yang pertama dalam keberhasilan suatu pengelolaan. Apalagi dalam sector bisnis dan industry PR kinerja PR ini sangat berpengaruh terhadap suatu keberhasilan profit. Pasalnya promosi yang PR adalah yang pertama kali menarik simparti para konsumen.

Lalu bagaimana kah cara kita mempromosikan suatu bisnis di era digital ini agar berhasil?

lampu ide


 Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita berada di era globalisasi yang mana semua serba digital , dari mulai informasi,hiburan, belanja, belajar, perjalanan serta booking apapun dapat kita lakuakan dengan mudah dimanapun kapanpun.

Berkat kemajuan digital ini lah kita menjadi dapat menghemat waktu, uang serta tenaga. 

Karna kemudahan dalam informasi serta transaksi telah kita dapatkan melalui serba online. Dengan kemajuan digital teknologi ini dapat kita manfaatkan sebagi seorang PR dalam menjalankan tugas kita.

Untuk mempromosikan bisnis dapat dapat dengan mudah kita lakukan dengan cara memasang iklan di sosial media, seperti tiktok, instagram, facebook, twitter, dll. 

Memasang iklan di sosial media tentunya tidak menghabiskan budget yang sangat banyak, banyak varian nya dari mulai berbayar hingga gratis.

Apalagi sosial media dapat dijangkau olah berbagai kalangan , dari anak muda, dewasa atau remaja , orang tua hingga tak jarang kita menemukan anak anak . 

kemudahan digital ini dinilai lebih efektif daripada pemasangan baligho, Koran, majalah, spanduk, dll.

            Mempromosikan suatu usaha oleh seorang PR di sosial media disebut dengan digital marketing sosial media.

            Sosial mediapun bisa beralih fungsinya sebagai alat pemasaran product, komunikasi transaksi jual beli, serta nawar menawar.

            Setelah itu selain memasarkan product lewat sosial media, kita juga bisa memasarkan product lewat e-commerce , e-commerce kegiatan sales atau transaksi jual beli serta marketing distributon yang menggunakan platforms digital atau internet.

macam macam e-commerce diantaranya yaitu shopee, tokopedia, olx, lazada, bli.bli, bukalapak , dll .

Nah, bahkan dalam dunia e-commerce pun peran seorang humas sangat dibutuhkan, pasalnya walaupung fungsi e-commerce sendiri yaitu sebagai alat marketing jual beli online dimana didalamnya kita hanya bisa melakuka transaksi jual beli dengan mudah dan cepat , tetapi dalam penggunaannyapun tetap harus menggunakan teknik strategi PR agar lebih menarik.

Contohnya dalam penggunaan bahasa promosi dalam keterangan product atau detile product, kreatifitas PR dibutuhkan disini agar konsumen yakin dengan product yang kita jual.

Bila toko kita menarik dalam perancangan iklannya serta dapat meyakinkan , disitulah keberhasilan seorang PR ditentukan.

Lalu apa saja TIPS agar seorang PR berhasil mempromosikan bisnisnya di era digital ?

Mari kita simak beberapa tips berikut :

1.   1.     Gunakan sosial media sebagai ajang promosi

 

2.   2.    Berkolaborasi dengan beberapa selegram/tiktok , youtuber, dll yang berpengaruh dalam product bisnis anda , contohnya bila anda melakukan bisnis kecantikan anda bisa memilih berkolaborasi dengan selebgram yang notabene nya beauty / lifestyle khususnya sering memposting tentang make up . hal ini bisa meumunculkan rasa kepercayaan costumer terhadap product bisnis yang kita pegang.

 

3.    3.  Melakukan riset kien , biasanya product yang anda promosikan sering diminati oleh usia berapa sampai berapa.

 

4.    4.   Melengkapi informasi profil akun bisnis anda dengan lengkap sehingga memunculkan kepercayaan.

 

5.     5.  Melakukan promosi dengan konsisten setiap harinya.

 

6.     6.  Memasang iklan berbayar di akun sosial media dengan menarik.

 

Itulah beberapa tips yang harus kalian coba sebagai PR untuk mengangkat suatu bisnis yang anda pegang, kemudahan dalam digital dapat kita manfaatkan sebagai ajang untuk promosi.

 

Pasalnya jaman sekarang tidak perlu modal besar untuk menyewa tempat dan property, karna hanya dengan modal product saja kita bisa menjadi pengusaha , dengan menggunakan digital marketing sosial media dan e-commerse sebagai alat untuk mempromosikan dan menjual product.

 

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat , kurang lebihnya mohon dimaafkan , serta kritik dan sarannya saya tunggu, terimaksih.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar